Rabu, 02 Januari 2008

Gejolak remaja dapat diartikan hasrat perasaan serta luapan emosi dari para kaum yang beranjak gedhe atau remaja. Luapan emosi yang dimaksud disini bukanlah muntahan amarah yang selalu berdampak negatif, melainkan suatu bentuk pengekspresian dari dalam dari sendiri.
Remaja adalah masa seseorang mengalami perubahan baik dari segi fisik maupun mental, serta masa dimana seseorang mencari jati dirinya dan mencari tahu dimana ia harus menempatkan dirinya.
Karena pencarian itu baru dirasakan, maka kerap kali diiringi dengan emosi yang tidak terkontrol, dimana ia tidak tahu dampak apa yang akan ia terima akibat kelalaiannya mengintrol emosinya.
Perkembangan pola pikir para remaja membuat para remaja memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang sangat tinggi mengenai hal-hal diluar yang asing dan baru baginya. Pergaulan yang baru, lawan jenis, seks, narkoba, adalah sebagian elemen yang akan dihadapi oleh para remaja,entah untuk sekedar tahu,mengenal,atau bahkan mencoba,cepat atau lambat. Karena itu sudah fenomena kehidupan di jaman sekarang.
Disini peran orang tua sangat-snagat diperlukan. Orang tua harus terus mengawasi dan mengetahui tentang perkembangan mental,pola pikir, dan pergaulan anaknya,terutama yang sedang beranjak dewasa.

Tidak ada komentar: